Breaking News
Home » BERITA KPU BENGKULU » KPU Koordinasikan Materi Design Bahan dan Alat Peraga Kampanye dg Tim Penghubung Paslon

KPU Koordinasikan Materi Design Bahan dan Alat Peraga Kampanye dg Tim Penghubung Paslon

KPU Provinsi Bengkulu telah menetapkan jenis, jumlah, bahan dan alat peraga kampanye dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020.  Tim Penghubung 2 (dua) pasangan calon beberapa waktu yang lalu telah menyerahkan design Bahan dan Alat Peraga Kampanye kepada KPU Provinsi Bengkulu, selanjutnya pada Rabu (30/9) siang KPU Provinsi Bengkulu melakukan koordinasi pemeriksaan materi design bahan dan alat peraga kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Koordinasi ini dihadiri 2 (dua) tim penghubung pasangan calon, yaitu Helmi Hasan dan H. Muslihan Diding Soetrisno serta Dr. H. Rohidin Mersyah dan Dr.E. H. Rosjonsyah dan Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar dan Kabag Pengawasan dan Humas Aprianto Kurniawan.

DSC_0369 DSC_0381 DSC_0423 DSC_0356 DSC_0359 DSC_0361 DSC_0363 DSC_0367 DSC_0391 DSC_0408 DSC_0422 DSC_0383

Acara dibuka langsung oleh Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah dan didampingi Plt. Sekretaris Sudirman dan Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Oktan Huzaeiry. Dalam sambutan dan arahannya Darlinsyah menyampaikan bahwa KPU Republik Indonesia telah menerbitkan Keputusan Nomor 465/PL.02.4-Kpt/06/KPU/IX/2020 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Kampanye pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Keputusan tersebut menjadi dasar aturan yang harus dipatuhi dan ditaati oleh Parpol atau Gabungan Parpol, Pasangan Calon atau Tim Kampanye dalam pelaksanaan kampanye.

Selain itu, Darlinsyah juga menyampaikan dan menegaskan beberapa hal terkait metode kampanye, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, iklan kampanye di media sosial dan media daring, dan kampanye dalam bentuk lain.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan materi, konten Bahan dan Alat Peraga Kampanye yang diserahkan oleh pasangan calon. Bahan Kampanye meliputi selebaran (flyer), Brosur (leaflet), pamflet dan poster sedangkan Alat Peraga Kampanye (APK) meliputi Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul. Baik bahan dan Alat Peraga kampanye dibedah dan dicek satu persatu mulai dari ukuran, konten/teks yang terdapat di dalamnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan masih ada beberapa bahan dan alat peraga kampanye masih harus diperbaiki oleh pasangan calon. KPU Provinsi Bengkulu memberikan kesempatan kepada paslon untuk memperbaiki hingga tanggal 2 Oktober 2020. 

Sementara itu, dalam koordinasi Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar menyampaikan masukan agar terkait kampanye  pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dan dialog untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Bawaslu setempat sehingga terkontrol dan lebih penting lagi tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.