Home » BERITA KPU BENGKULU » Rakor Pelaksanaan Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Tahun 2020

Rakor Pelaksanaan Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye Pemilihan Tahun 2020

Pasca ditetapkan sebagai pasangan calon sekaligus nomor urut, pada Jum’at (25/9) KPU Provinsi Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020 bertempat di Hotel Santika Bengkulu. Rapat koordinasi ini mengundang Partai Politik Pengusul, Petugas Penghubung dan Operator Sidakam dari 2 (dua) Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, yaitu Helmi Hasan dan H. Muslihan Diding Soetrisno serta Dr. H. Rohidin Mersyah dan Dr.E. H. Rosjonsyah.

Acara dibuka dengan sambutan dan arahannya Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni. Dalam arahanya Irwan menjelaskan rapat koordinasi penting dilaksanakan agar ada kesepahaman antara KPU dan Peserta Pemilihan mengenai aturan dan mekanisme Kampanye dan Pelaporan Dana Kampanye pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020.

DSC_0475 DSC_0493 DSC_0504 DSC_0506 DSC_0510 DSC_0513 DSC_0519 DSC_0523 DSC_0545 DSC_0570 DSC_0572 DSC_0575 DSC_0584 DSC_0587 DSC_0591 DSC_0594

“Kami berharap agar peserta pemilihan melalui partai politik pengusul, petugas penghubung paslon dan operator mengetahui pelaksanaan kampanye dan pelaporan dana kampanye yang benar sesuai dengan aturan. Untuk itu, hari ini ada 2 (dua) materi yang akan disampaikan oleh Anggota KPU Provinsi Bengkulu, yaitu Bapak Darlinsyah membahas tentang Kampanye dan Bapak Eko membahas tentang Pelaporan Dana Kampanye. Jika ada masukan dan saran dapat didiskusikan dalam forum ini” Ujar Irwan.

Setelah dibuka acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Koordinator Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah yang membahas tentang Pelaksanaan Kampanye yang diatur dalam PKPU 11 dan 13 Tahun 2020 diantaranya Bahan Kampanye, Alat Peraga Kampanye, Penayangan Iklan Kampanye, Metode Kampanye, Larangan Kampanye, dan sebagainya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto menyampaikan materi Pelaporan Dana Kampanye diantaranya Pembukaan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK), Formulir, Sumber dan Bentuk, Jenis Laporan (LADK, LPSDK, dan LPPDK), waktu dan tempat penyerahan dan sebagainya.