Home » BERITA KPU BENGKULU » KPU Provinsi Bengkulu Gelar Apel Akbar Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020

KPU Provinsi Bengkulu Gelar Apel Akbar Penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020

Pada Selasa (7/7) pagi KPU Provinsi Bengkulu menggelar Apel Akbar dalam rangka kesiapan seluruh penyelenggara Pemilihan Serentak Tahun 2020 Se-Provinsi Bengkulu melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh lebih dari 500 partisipan.  Peserta Apel terdiri dari KPU Kabupaten/Kota, PPK dan PPS Se-Provinsi Bengkulu serta dihadiri langsung oleh Komisioner KPU RI Bapak Ilham Saputra. Acara Apel Akbar berjalan khidmat dan lancar dimulai dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, Doa dan Laporan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah.

Dalam laporannya Darlinsyah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya  kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan apel akbar ini. Kehadiran peserta yang sedemikian banyak dalam apel akbar ini memberikan gambaran semangat yang nyata bagi keluarga besar KPU untuk menyukseskan pemilihan serentak Tahun 2020 di Provinsi Bengkulu. Untuk diketahui di Provinsi Bengkulu ada ± 6.000 Penyelenggara adhoc yang akan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020.

DSC_0316 DSC_0319 DSC_0321 DSC_0323 DSC_0328 DSC_0329 DSC_0334 DSC_0345 DSC_0347 DSC_0358 DSC_0361 DSC_0365 DSC_0368 DSC_0371 DSC_0406 DSC_0409

“Saya ingin menekankan ditengah pandemi covid-19 dalam melaksanakan setiap tahapan kita harus menerapkan protokol kesehatan secara baik. Selain itu, penyelenggara adhoc untuk bekerja secara profesional, berintegritas, dan selalu menjaga marwah demokrasi dalam menyukseskan pemilihan serentak tahun 2020 di Provinsi Bengkulu ”ujar Darlinsyah.

Acara Apel Akbar dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Anggota Darlinsyah, Eko Sugianto, Siti Baroroh, dan Emex Verzoni serta Plt. Sekretaris Sudirman. Dalam sambutannya Irwan menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada partisipan yang ikut serta dalam apel akbar ini.  Penyelenggara adhoc merupakan keluarga besar KPU yang menjadi ujung tombak keberhasilan setiap pelaksanaan pemilu maupun pemilihan. Apalagi pemilihan serentak tahun 2020 ini sangat berbeda dengan pemilihan sebelumnya, dimana munculnya bencana nonalam covid-19, untuk itu kita harus sangat berhati-hati dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan.

“Kami mengharapkan kepada penyelenggara adhoc selaku garda terdepan dalam pelaksanaan pemilihan untuk selalu bekerja secara baik dan berintegritas. Karena dalam pelaksanaan sedikitnya ada 3 (tiga) hambatan yang terjadi di lapangan, yaitu Kudis (Kurang Disiplin), Kurap (Kurang Rapi), dan Kutil (Kurang Teliti). Hambatan tersebut harus kita lawan dengan bekerja secara bersungguh-sungguh  sesuai dengan aturan yang ada”ujar Irwan

Acara kemudian diisi dengan penyampaian arahan langsung dari Komisioner KPU RI Sekaligus Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM  Bapak Ilham Saputra. Dalam arahannya Ilham menjelaskan dan menekankan agar seluruh penyelenggara pemilihan terutama badan adhoc yang selalu menjadi tumpuan dan ujung tombak dalam setiap pelaksanaan pemilu/pemilihan. Kuncinya adalah penyelenggara adhoc untuk bekerja secara profesional, kredibel dan berintegitas.

Pada kesempatan tersebut Komisioner KPU Provinsi Bengkulu secara bergantian menyampaikan arahan, dimulai dari Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Eko Sugianto, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi Siti Baroroh,  dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Emex Verzoni.