Home » BERITA KPU BENGKULU » Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu

Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu

Pada Sabtu (27/7) bertempat di Hotel Santika Bengkulu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu. Rapat ini dihadiri oleh Bawaslu, Biro Pemerintahan, Polda, Satpol PP, Kesbangpol, KPID, KIP, Kejati, Rektor PTUN/PTS, Ombudsman, Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Sosialisasi dan Parmas, Remaja Sahabat KPU, Relawan Demokrasi, dan Media Cetak maupun Elektronik serta Tim Supervisi KPU RI.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni. Dalam sambutannya Irwan Saputra menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak baik itu peserta pemilu, stakholder dan media massa yang telah mendukung dan menyukseskan pelaksanaan kampanye pada pemilihan umum tahun 2019.

DSC_0316 DSC_0338 DSC_0368 DSC_0370 DSC_0376 DSC_0380 DSC_0390 DSC_0399 DSC_0407 DSC_0422

“Rapat evaluasi ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana pelaksanaan kampanye di Provinsi Bengkulu dan fit back serta peran stakholder dalam pelaksanaan kampanye yang ingin kita capai agar pada pemilu yang akan datang menjadi bahan evaluasi dan perbaikan kita untuk menjadi lebih baik” ungkap Irwan.

Selain itu sambung Irwan dengan adanya evaluasi ini KPU selaku penyelenggara tidak dapat berjalan sendiri dalam melaksanakan pemilu sehingga peran dari peserta pemilu, stakholder terkait dan media menjadi penting. Harapannya KPU meminta masukan saran dan kritik dari semua pihak untuk terus berbenah dan melakukan perbaikan ke depannya.

DSC_0426 DSC_0461 DSC_0480 DSC_0486 DSC_0500 DSC_0506 DSC_0539 DSC_0547 DSC_0555 DSC_0563 DSC_0577 DSC_0595 DSC_0602 DSC_0608 DSC_0626

Rapat evaluasi ini diisi dengan penyampaian materi terkait evaluasi fasilitasi kampanye yang di pandu oleh Sekretaris KPU Provinsi Bengkulu Siswanto dengan menghadirkan 4 (empat) panelis, yaitu Komisioner KPU Provinsi Bengkulu (Darlinsyah), Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu (Halid Saifullah), Ketua KPID Provinsi Bengkulu (Ratimnuh) dan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Bengkulu (Edi Junaidi).

Setiap panelis menyampaikan evaluasi yang berbeda-beda. Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah, membahas mengenai pelaksanaan fasilitasi kampanye yang dilakukan oleh KPU Provinsi Bengkulu. Darlinsyah memaparkan hal-hal terkait langkah KPU Provinsi Bengkulu dalam memfasilitasi peserta pemilu diantaranya alat peraga kampanye dan iklan kampanye serta berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam menentukan lokasi/titik pemasangan APK dan lokasi kampanye rapat umum. Komisioner Bawaslu Provinsi Bengkulu Halid Saifullah, membahas mengenai penanganan dugaan pelanggaran kampanye peserta pemilu. Halid menyampaikan bahwa pada pemilihan umum tahun 2019 banyak pelanggaran yang terjadi namun peran Bawaslu dalam hal ini adalah melakukan koordinasi, klarifikasi dan tindakan atas pelanggaran tersebut. Sementara itu, Ketua KPID Provinsi Bengkulu Ratimnuh membahas mengenai penanganan dugaan pelanggaran kampanye di media elektronik (TV dan Radio). Ratimnuh memaparkan bahwa peran KPID adalah melakukan pengawasan kampanye peserta pemilu yang menggunakan media elektronik. Namun sejauh ini tidak ada media yang melakukan pelanggaran berat, KPID hanya meminta klarifikasi atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh media tersebut. Kemudian Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Bengkulu Edi Junaidi menyampaikan sejauh ini pemerintah daerah terus melakukan support kepada KPU Provinsi Bengkulu terkait lokasi dan tempat pemasangan APK.

DSC_0656

Selain penyampaian materi kegiatan ini juga dilakukan diskusi dan masukan terhadap pelaksanaan kampanye Pemilu Tahun 2019 di Provinsi Bengkulu selanjutnya akan menjadi bahan rekomendasi untuk disampaikan pada rapat evaluasi tingkat nasional nantinya.

Sementara itu, Tim Supervisi KPU RI Robi Leo Agust mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Provinsi Bengkulu pada hari ini karena terlihat bahwa semua pihak baik itu peserta pemilu, stakeholder mapun media satu sama lain saling mendukung.  mengingat Provinsi Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang sangat jauh lebih baik dalam pelaksanaan kampanye.

“Patut kita apresiasi untuk Provinsi Bengkulu, karena kami memantau dari kegiatan pelaksanaan evaluasi fasilitasi kampanye hari ini adalah terlihat sangat kreatif dibandingkan dengan provinsi lainnya karena tidak ada permasalahan yang berarti. Kami berharap mudah-mudahan pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2020 di Provinsi Bengkulu dapat berjalan dengan baik” *R*