Rakor Penyampaian dan Review Finalisasi Design dan Materi Iklan Kampanye Melalui Media

Pada Kamis (14/3) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar rapat koordinasi penyampaian dan review design dan materi iklan kampanye melalui media baik cetak maupun elektronik di Ruang Audio Visual RPP KPU Provinsi Bengkulu. Acara dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni.  Hadir dalam kegiatan ini adalah 11 (sebelas) orang calon atau Liasion Officer /(LO) DPD, Anggota Bawaslu dan Anggota KPID Provinsi Bengkulu.

DSC_0058 DSC_0068 DSC_0071 DSC_0080

Dalam sambutannya Irwan menyampaikan bahwa rakor ini dilakukan menindaklanjuti rapat tanggal 7 Maret 2019 yang lalu, berdasarkan surat KPU Nomor 581 terkait petunjuk teknis design dan materi iklan kampanye calon perseorangan DPD melalui media cetak dan elektronik yang difasilitasi oleh KPU Provinsi Bengkulu.

“Surat KPU Nomor 581 merekomendasikan bahwa jumlah iklan media yang semula 3 (tiga) jenis menjadi 4 (jenis) yaitu  Cetak, Televisi, Radio dan Daring/Online. Surat itu juga menjelaskan tidak ada substansi  baik durasi atau materi, namun hanya jumlah. Hari ini merupakan finalisasi penyampaian materi dan iklan baik yang telah dikoreksi atau belum kepada KPU Provinsi sebelum ditayangkan ke media pada tanggal 24 Maret 2019 mendatang”Ujar Irwan

DSC_0080 DSC_0083 DSC_0088 DSC_0095 DSC_0097 DSC_0099 DSC_0103

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Darlinsyah menambahkan bahwa penyampaian materi dan design iklan kampanye oleh peserta pemilu persorangan DPD selalu dikoordinasikan bersama Bawaslu dan KPID Provinsi Bengkulu, hal ini sesuai yang diatur dalam Undang-Undang. Setelah dinyatakan final maka KPU akan menyampaikan ke media cetak dan elektronik untuk ditayangkan mulai 24 Maret – 13 April 2019.

Setelah ditayangkan satu per satu disaksikan secara bersama-sama baik ada koreksi ataupun tidak, maka KPU Provinsi Bengkulu membuat dan menyerahkan berita acara kepada LO DPD disaksikan oleh Bawaslu Provinsi. Dari hasil penyampaian sebanyak 6 (enam) calon DPD tidak melakukan perbaikan atau koreksi terhadap konten ataupun materi iklan yaitu Abdul Kharis Ma’mun, Abdul Rauf Tika, Barlian, Eni Khairani, Riri Damayanti, dan Hermen Malik. Sedangkan 5 (lima) calon DPD yang melakukan perbaikan yaitu Elfi Hamidy Marah Sudin, Ahmad Kanedi,Fatrolazi, Emilia Puspita dan Sultan Bactiar dan menyerahkan perbaikan pada tanggal 16 Maret 2019.