Rakor Penyampaian dan Review Design Materi Iklan Kampanye

Guna melaksanakan keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 581/PL.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 perihal petunjuk teknis fasilitasi penayangan iklan kampanye melalui media bagi peserta pemilu tahun 2019, pada Kamis (7/3) KPU Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Penyampaian dan Review Design materi iklan kampanye yang dihadiri oleh 11 (sebelas) Calon atau Liasion Officer (LO) Perseorangan DPD, Bawaslu dan Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Provinsi Bengkulu.

DSC_0019 DSC_0020 DSC_0036 DSC_0065

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni serta Sekretaris KPU Provinsi Bengkulu Siswanto. Dalam sambutannya menyampaikan ada beberapa hal penting terkait keputusan KPU Nomor 581.

“Salah satu yang tertuang dalam keputusan 581 adalah untuk penayangan yang difasilitasi oleh KPU Provinsi melalui media elektronik baik radio maupun televisi diakomodir menjadi 3 media, yang mana keputusan sebelumnya hanya 1 media, sedangkan untuk penayangan secara mandiri kita lakukan rapat/koordinasi terlebih dahulu”ujar Irwan.

Sementara itu, Anggota KPU Darlinsyah menambahkan bahwa berdasarkan keputusan KPU Nomor 581 selain 3 (tiga) media yaitu cetak, radio dan televisi ditambah juga media daring (online). Selanjutnya acara diisi dengan penayangan materi dan design iklan kampanye setiap calon anggota DPD.

DSC_0034 DSC_0041 DSC_0067 DSC_0086

Hasil penayangan materi dan design ada beberapa calon perseorangan DPD yang harus dilakukan koreksi diantara ukuran untuk media cetak koran yang perlu dilakukan pengecekan ulang ukuran agar terlihat jelas,  durasi waktu yang melebihi batas penayangan di media radio dan televisi, tidak boleh menampilkan logo/lambang DPRD, foto anak-anak, caleg, ASN, dan TNI.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Patimah Siregar menekankan bahwa penerimaan dan penayangan iklan kampanye di media cetak maupun elektronik merupakan domainnya KPU Provinsi Bengkulu dengan syarat tidak boleh melanggar ketentuan yang telah diatur dalam keputusan Nomor 581 dan komunikasi yang perlu ditingkatkan antara KPU dan LO agar informasi mengenai perubahan-perubahan dapat tersampaikan.

Selanjutnya hasil penyampaian materi design calon DPD dituangkan ke dalam berita acara untuk disampaikan ke Calon/LO DPD baik diterima/belum atau dikoreksi atau tidak.