Home » BERITA KPU BENGKULU » Tingkatkan Layanan Publik, KPU Provinsi Gelar Bimtek PPID

Tingkatkan Layanan Publik, KPU Provinsi Gelar Bimtek PPID

DSC_0096 DSC_0120 DSC_0122 DSC_0124 DSC_0128 DSC_0135 DSC_0139 DSC_0143 DSC_0148

Dalam rangka melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1 tahun 2015 terkait keterbukaan infomasi publik. Guna meningkatkan pelayanan dan keterbukaan infomasi publik di setiap satuan kerja. Pada Jum’at (23/11) bertempat di Latansa Hotel Bengkulu KPU Provinsi Bengkulu menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi.

Kegiatan yangg berlangsung selama 2 (dua) hari ini diikuti oleh 2 orang dari KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu yang terdiri dari Anggota KPU Divisi Data dan Informasi serta Kepala Sub Tekmas berjumlah 30 orang. Acara dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra dan didampingi Anggota Siti Baroroh, Darlinsyah dan Sekretaris KPU Provinsi, Siswanto.

DSC_0162 DSC_0176 DSC_0178 DSC_0206 DSC_0231 DSC_0250

Dalam sambutannya Irwan menyampaikan bahwa sesuai dengan UU keterbukaan informasi publik maka setiap satuan kerja setiap tingkatan terutama di lingkungan KPU wajib menyiapkan, menyajikan, mengelola, dan menyampaikan data yang akurat dan efisien bagi pemohon informasi. sesuai dengan semangat transparansi dan profesionalitas KPU dalam melayani masyarakat dan peserta pemilu.

“Dengan meningkatnya pelayanan informasi publik maka diharapkan tingkat kepercayaan publik akan secara otomatis akan meningkat. untuk itu, Pusat Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) harus aktif dan hidup, karena PPID merupakan ujung tombak dalam membangun kepercayaan (trust) publik”tegas Irwan

DSC_0276 DSC_0289 DSC_0381 DSC_0412 DSC_0422 DSC_0437 DSC_0445

Selanjutnya rangkaian acara diisi dengan materi yang disampaikan oleh 3 (tiga) orang dari Biro Teknis KPU RI yaitu Satrio Mahadi, Anggri Sugianto dan Amirul Mukmin. Materi yang diberikan dengan berbagai metode diantaranya pendidikan orang dewasa, apresiatif, partisipasif, diskusi kelompok, simulasi dan permainan. Adapun materi yang disampaikan perkenalan dan bina suasana, hak atas informasi publik, daftar infomasi publik, PPID (Struktur dan mekanisme kerja), pelayanan informasi dan laporan, Pengecualian informasi, dan evaluasi dan RTL, sedangkan materi beracara di Komisi Informasi disampaikan oleh Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Emex Verzoni.

Terakhir acara ditutup oleh Kabag Hukum Teknis dan Hupmas, Oktan Huzaeiry. Ia mengharapkan agar peserta bimtek ini dapat menambah ilmu, mengaplikasikan  langsung dan mengaktifkan PPID di tingkat KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu dalam melayani masyarakat.