Breaking News
Home » BERITA KPU BENGKULU » Rakor Fasilitasi Metode Kampanye Pemilu 2019

Rakor Fasilitasi Metode Kampanye Pemilu 2019

DSC_0286 DSC_0289 DSC_0300 DSC_0306

Sejak dilaksanakan Kampanye Pemilihan Umum serentak tahun 2019 pada tanggal 23 September 2018, guna memastikan pelaksanaan tahapan kampanye yang telah berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan regulasi, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Fasilitasi Metode Kampanye pada Selasa (13/11) bertempat di Splash Hotel Bengkulu.

Acara yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Darlinsyah, dan Emex Verzoni dihadiri oleh 3 Orang yang terdiri Anggota Divisi Sosialisasi, Sekretaris dan Operator KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu,  1 orang Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Peserta Pemilu terdiri dari 16 orang Liasion Officer Parpol Tingkat Provinsi, 11 orang Liasion Officer Calon Perseorangan DPD, 2 orang Pasangan tim Kampanye pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu tahun 2019.

Dalam sambutannya Irwan Saputra menyampaikan bahwa saat ini terlihat khusus di Provinsi Bengkulu belum terlihat jelas geliat meriahnya kampanye yang telah berlangsung sejak 2 bulan yang lalu, hal itu kemungkinan besar sebagian peserta pemilu belum memahami regulasi yang ada saat ini dan masih ragu dan takut untuk melaksanakan kampanye.

DSC_0323 DSC_0328 DSC_0346

“Melihat kondisi tersebut tentu ini menjadi tantangan KPU terutama Divisi Sosialisasi untuk berperan aktif dan menjalin komunikasi yang baik kepada seluruh peserta pemilu. Salah satunya dengan mengemas pemikiran dan pola pikir masyarakat dalam kampanye serentak pemilu 2019” Ujar Irwan.

Dalam kesempatan itu, Kabag Hukum Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Bengkulu menyampaikan materi terkait Aplikasi Sistem Informasi Kampanye (SIKAM)

Acara kemudian dengan materi yang disampaikan oleh Anggota KPU Divisi Sosialisasi Darlinsyah mengenai metode fasilitasi kampanye pada pemilu tahun 2019. Darlinsyah menyampaikan ada beberapa materi penting mengenai kampanye diantaranya penyusunan jadwal kampanye,  dan kampanye rapat umum yang difasilitasi oleh KPU Provinsi.

“Kampanye secara umum telah dimulai sejak tanggal 23 September 2018 sampai dengan 13 April 2019, namun untuk kampanye yang berupa rapat umum hanya 21 hari terhitung tanggal 24 Maret – 13 April 2019. Semua itu harus sesuai ketentuan yang berlaku dan peserta pemilu wajib berkoordinasi dengan Bawaslu dan Pihak Kepolisian sesuai tingkatnya agar pelaksanaan kampanye berjalan aman dan kondusif”tegas Darlinsyah.

Terakhir Darlinsyah menghimbau agar seluruh pihak dapat berkoordinasi agar pelaksanaan kampanye khususnya di Provinsi Bengkulu dalam berjalan aman damai dan sejuk.