Breaking News
Home » BERITA KPU BENGKULU » Evaluasi dan Penyusunan LPK Pemilu Tahun 2019

Evaluasi dan Penyusunan LPK Pemilu Tahun 2019

DSC_0097 DSC_0104 DSC_0105 DSC_0107

Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu yang efektif, efisien, transparan, akuntabel dan aksesibel maka perlu dilakukan optimalisasi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi informasi. Sejak tahun 2013 Biro Keuangan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia memperkenalkan aplikasi pengelolaan keuangan yang diberi nama SIMONIKA (Sistem Infomasi Monitoring Keuangan). Guna memastikan penggunaan aplikasi tersebut berjalan dengan baik, KPU Provinsi Bengkulu menggelar Kegiatan Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan tahapan pemilu 2019 bersama KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu pada Sabtu (9/11) bertempat di Grage Hotel Bengkulu.

Peserta kegiatannya terdiri dari Anggota KPU Divisi Keuangan, Sekretaris KPU Selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Operator SIMONIKA KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu yang berjumlah 33 orang.

DSC_0121 DSC_0129 DSC_0144 DSC_0151

Acara yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 9-11 November 2018 dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra didampingi Anggota Darlinsyah dan Emex Verzoni serta Sekretaris KPU Provinsi Siswanto. Irwan menyampaikan bahwa evaluasi dan penyusunan Laporan pertanggungjawaban keuangan akan lebih mudah menggunakan aplikasi SIMONIKA, sehingga diharapkan KPU Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan semaksimal mungkin aplikasi tersebut untuk menghasilkan laporan yang transparan berkualitas dan akuntabel.

Setelah dibuka secara resmi oleh Ketua KPU, Irwan Saputra acara dilanjutkan penyampaian materi narasumber oleh Biro Keuangan KPU RI Bapak M. Aminsyah, dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu Bapak Saputra Anjas Prayoga dan Apandi Firmansyah  serta dari KPPN Bengkulu bapak Sutrisno.  Dalam kesempatan itu juga selain penyampaian materi juga dilakukan diskusi terkait dengan pengelolaan keuangan.