Home » BERITA KPU BENGKULU » RDK Dalam Rangka Koordinasi Finalisasi Design Materi Alat Peraga Kampanye

RDK Dalam Rangka Koordinasi Finalisasi Design Materi Alat Peraga Kampanye

DSC_0190 DSC_0194 DSC_0207

Dalam rangka mempedomani Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 28 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum.  KPU Provinsi Bengkulu Menggelar Rapat Dalam Kantor (RDK) dalam rangka koordinasi finalisasi design materi alat peraga kampanye (APK) pada Rabu (10/10) bertempat  Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Bengkulu.

Acara ini dihadiri oleh Liasion Officer (LO)/penghubung Peserta Pemilu Parpol tingkat Provinsi, Perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Bawaslu Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini sendiri dibuka secara resmi oleh Ketua KPU, Irwan Saputra didampingi Anggota Darlinsyah dan Siti Baroroh.

“Agenda ini dilaksanakn guna memastikan bahwa Design dan Materi APK yang disampaikan kepada KPU Provinsi Bengkulu beberapa waktu yang lalu telah sesuai dengan peraturan yang berkaitan dengan Kampanye. Kita akan tampilkan seluruh design APK satu per satu, jika telah sesuai maka akan diparaf kembali untuk dicetak dan disampaikan ke peserta pemilu baik Parpol maupun DPD”ujar Irwan.

DSC_0214 DSC_0228 DSC_0259 DSC_0271

Sementara Itu, Sekretaris KPU Siswanto memaparkan bahwa KPU Provinsi telah melakukan penawaran kepada pihak-pihak yang mau dan mampu mengerjakan Design APK yang telah disetujui oleh peserta pemilu untuk dicetak namun harus sesuai dengan spesifikasi yang diatur di dalam PKPU. “Kita (KPU-Red) berupaya maksimal agar cetak design APK ini paling cepat 5 hingga 15 hari ke depan, saya mengharapkan agar Peserta Pemilu untuk memperhatikan Resolusi design APK agar hasilnya terlihat bagus, dan jangan sampai menyalahka KPU nantinya”tambah Siswanto.

Acara dilanjutkan dipandu oleh Kabag Hukum Teknis dan Hupmas, Oktan Huzaeiry, mengenai tampilan design dan materi APK peserta pemilu satu per satu jika telah sesuai maka akan diparaf oleh LO, KPU dan Bawaslu. hasilnya sebanyak 3 parpol yaitu Berkarya, PAN dan Perindo dan perseorangan DPD yaitu Abdul Kharis Ma’mun, Emilia Puspita, Andul Rauf Tika, dan Elfi Hamidy Maraha Sudin dilakukan perbaikan.

Ditambahkan Anggota KPU, Darlinsyah bahwa Peserta Pemilu baik parpol maupun DPD sudah dapat melakukan kampanye melalui media sosial  sejak tanggal 23 September 2018 sampai dengan 13 April 2019 dengan ketentuan akun tersebut telah disampaikan kepada KPU Provinsi, Bawaslu Provinsi dan Kepolisian Daerah Bengkulu. selain itu, KPU Provinsi menghimbau kepada parpol PSI, PDIP dan Nasdem untuk segera menurunkan Baliho yang masih terpasang ditempat-tempat tertentu jika tidak KPU, Bawaslu dan Polda akan bertindak untuk menurunkan.

Diakhir Irwan menegaskan bahwa pemasangan APK harus menjaga suasana keamanan dan kenyamanan jangan sampai saling menganggu yang berakibat tidak kondusifnya kampanye di Provinsi Bengkulu.*VR*