Home » BERITA KPU BENGKULU » Monitoring Vertual Perbaikan Dukungan Calon Perseorangan Pilwakot 2018

Monitoring Vertual Perbaikan Dukungan Calon Perseorangan Pilwakot 2018

DSC_0089

Pemilihan Umum Calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu tahun 2018 memasuki tahap verifikasi faktual perbaikan bakal calon perseorangan. Pada Jumat (2/2), Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu melakukan monitoring terhadap pelaksanaan tahapan tersebut. Verifikasi faktual ini berlangsung di 2 (dua) wilayah yaitu Kelurahan Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka pada Kamis (1/2) dan Kelurahan Kandang Mas Kecamatan Kampung Melayu pada Jumat (2/2). Kegiatan ini di hadiri oleh Anggota KPU, Eko Sugianto. Dalam monitoring tampak Panitia Pemungutan Suara (PPS) sibuk melakukan verifikasi kepada warga mengenai data yang disampaikan oleh LO untuk dukungan jalur perseorangan.

Pelaksanaan verifikasi di mulai pada pukul 10.15 WIB, tampak hadir dalam kegiatan ini komisioner KPU, M. Alim MS, S.Sos, Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Panita Pengawas Pemilu (Panwaslu), dan PPL. Panitia pemungutan suara setempat mencocokkan data yang dimiliki oleh penghubung/LO, kemudian menanyakan langsung kepada warga tersebut apakah benar mendukung pasangan calon Mayor Inf, David Suardi-Drs. Baksir, MM.

Dari data yang dimiliki oleh LO, PPS Kandang Mas mengambil sampel 6 orang, setelah dilakukan verifikasi yang hadir sebanyak 5 orang dan 1 orang berhalangan karena telah berangkat melakukan aktifitas.

“Dari 6 orang kita ambil sampel hanya 1 orang berhalangan hadir, karena sesuatu kita tidak tahu kemungkinan telah melaksanakan aktifitas seperti biasanya” ujar Anggota PPS Kandang Mas, Emran Rahim.

Emran  menambahkan, hingga saat ini PPS kandang mas telah melakukan verifikasi sekitar lebih kurang 40 % atau sekitar 300 orang.

Sementara itu, Komisioner Kota, M. Alim MS, S.Sos menyampaikan kepada seluruh pihak baik PPK, PPS, Panwaslu untuk turun Gunung

dalam menyukseskan pelaksanaan verifikasi faktual ini.

“Kita KPU Kota ikut melakukan dan memantau secara langsung tahapan verifikasi faktual di lapangan, saya sangat berharap Besar kepada seluruh tim baik di PPK, PPS maupun Panwaslu untuk menyukseskan kegiatan ini, kita harus turun gunung mengingat waktu yang diberikan dalam virtual ini hanya singkat yaitu 30 Januari hingga 5 Februari 2018” ujar Alim.

Alim berharap kegiatan verifikasi ini dapat berjalan baik sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, untuk itu perlu kerjasama dan komunikasi yang baik agar masalah yang terjadi di lapangan dapat teratasi. *VR*