Home » BERITA KPU BENGKULU » Tingkatkan Sinergitas Mabes Polri Sambangi KPU Provinsi

Tingkatkan Sinergitas Mabes Polri Sambangi KPU Provinsi

DSC_0077

Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan persiapan menghadapai pemilihan umum tahun 2019 mendatang, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia melakukan monitoring dan supervisi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu pada Selasa (30/1) bertempat di Sekretariat KPU Provinsi Bengkulu.

Kedatangan Tim Mabes Polri sendiri dipimpin oleh Irjen Pol. Sugono didampingi oleh Kapolda Bengkulu, Coki Manurung dan jajarannya disambut hangat oleh Ketua KPU, Irwan Saputra dan didampingi oleh anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, dan Zainan Sagiman.

Dalam sambutannya, Irwan mengucapkan terima kasih atas kedatangan tim dari Mabes Polri dan ini merupakan support yang sangat luar biasa bagi KPU dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum yang pada tahun 2018 Provinsi Bengkulu hanya menyelenggarakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu periode 2018-2023.

“Kami sangat mengharapkan arahan dan support dari Tim Mabes Polri agar tahapan pilwakot Bengkulu dapat berjalan lancar sehingga pemilihan bukan hanya terselenggara saja namun kualitas menghasilkan pemimpin yang berkualitas” ujar Irwan.

Selanjutnya, Irjen Pol. Sugono menyampaikan bahwa KPU Provinsi tidak bekerja sendirian Polri akan mendampingi dan memback up penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018.

“Selain itu, Polri bersama Polda Se-Indonesia menggiring Bawaslu selaku eksekutor bukan regulator sehingga permasalahan tidak sampai ke wilayah pidana umum, dan kita sudah sepakat membentuk satuan petugas (satgas) money politik, black campaign”tegas Sugono.

Selanjutnya Kapolda Bengkulu, Coki Manurung menjelaskan bahwa Polda mengawasi dan menjaga netralitas anggotanya dalam penyelenggaraan Pemilu. Perintah Kapolri membentuk satgas money politik sudah dilakukan dan saran agar KPU Kota selaku penyelenggara pilwakot di Kota Bengkulu untuk berkoordinasi dengan KPU Pusat.

“Kami sudah mempersiapkan personil untuk mencegah jangan sampai black campaign dapat terjadi”Ujar Coki.

Diakhir pertemuan Irwan menyampaikan apapun dokumen yang dibutuhkan oleh tim supervisi Mabes Polri akan disiapkan segera.

“ini awalan dari komunikasi kita, kami yakin apa yang disampaikan tadi memberikan support bagi kami”imbuh Irwan.

Terakhir acara ditutup dengan foto bersama KPU provinsi Bengkulu dan Tim Supervisi Monitoring Mabes Polri, Kapolda dan jajarannya. *VR*