Sinergitas KPU-Bawaslu Dalam Pencalonan Perseorangan

Pada Kamis (30/1) pagi, Anggota Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pendaftaran dan Verifikasi Syarat Dukungan Bakal Calon Perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020 di Hotel Mercure Bengkulu.

Dalam penyampaian materi Patimah Siregar menjelaskan bahwa peran Bawaslu dalam tahapan pemilihan maupun pemilihan umum sebagaimana yang tertuang dalam UU Nomor 7 Tahun 2017, yaitu mengawasi seluruh tahapan tersebut berjalan dengan baik dan sesuai dengan regulasi.

DSC_0504 DSC_0528 DSC_0533 DSC_0542 DSC_0555 DSC_0558 DSC_0562 DSC_0567 DSC_0578 DSC09803 DSC09807 DSC09827

“Namun guna memastikan proses tahapan berjalan dengan baik perlu adanya komunikasi dan sinergitas antara KPU dan Bawaslu. Sebagai penyelenggara pemilu, KPU harus bekerja secara profesional dan Bawaslu akan mengawasi setiap tahapan tersebut. Kuncinya adalah sinergitas”ujar Patimah.

Selain itu, Patimah menambahkan mekanisme pengawasan yang dilakukan Bawaslu diantaranya menyusun dan menetapkan standar tata laksana pengawasan tahapan pencalonan, melaksanakan supervisi dan pembinaan oleh pengawas pemilu di tingkat bawah.

Selain materi, diskusi pun dilakukan dalam kegiatan ini untuk menjadi masukan dan saran untuk perbaikan pada pemilihan serentak tahun 2020 di Provinsi Bengkulu. Selanjutnya Anggota KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni juga melakukan simulasi proses pendaftaran dan verifikasi syarat dukungan bakal calon perseorangan untuk memperjelas dan memastikan penyelenggara pemilu di tingkat Kabupaten yang melaksanakan pemilihan mengerti dan memahami alur tersebut.