Jelang Pembentukan Badan Adhoc, KPU Provinsi Bengkulu Gelar Rakor

Pada Senin (13/1) malam bertempat di Hotel Nala Seaside Hotel Bengkulu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan Serentak Tahun 2020. Peserta kegiatan, yaitu Biro Pemerintahan Provinsi Bengkulu, Anggota Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM, Sekretaris dan Kasubbag Keuangan Umum dan Logistik KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu 13-14 Januari 2020.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni. Dalam arahannya Irwan menyampaikan kegiatan ini penting dilakukan mengingat tahapan pembentukan badan adhoc, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan segera dimulai.

 

“Untuk itu, kami meminta agar mekanisme dan alur pembentukan badan adhoc ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 Tahun 2019 dapat dijalankan dengan baik. Kami berharap KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu sudah mempersiapkan dan menyamakan persepsi kita dalam melaksanakan tahapan tersebut. Selain itu, KPU dapat bekerja secara profesional dan berintegritas”ujar Irwan.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Anggota KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah dan dipandu oleh Kabag PDOS Hamzah. Dalam materinya, Darlinsyah memaparkan soal mekanisme dan alur pembentukan badan adhoc yang akan dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota baik yang menyelenggarakan pilkada atau pun tidak.

“Dalam pembentukan badan penyelenggara adhoc kita harus bekerja secara maksimal, profesional dan memiliki kesamaan persepsi pemilihan serentak tahun 2020. Bekerja lah sesuai dengan tupoksi dan tanggung jawab. Pada pertengahan Januari ini akan dimulai pembentukan badan adhoc tingkat kecamatan, yaitu PPK sedangkan di Februari untuk tingkat desa/kelurahan” jelas Darlinsyah.

Selain materi, kegiatan ini juga digelar diskusi untuk mendapatkan masukan dan saran dalam pemilihan serentak tahun 2020 di Provinsi Bengkulu.