KPU Provinsi Bengkulu Sosialisasikan Pencalonan Perseorangan

Pasca diumumkannya Undangan Terbuka Sosialisasi Pencalonan Perseorangan melalui media sosial dan website beberapa waktu, pada Senin (16/12) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar Sosialisasi Pencalonan Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020. Kegiatan sosialisasi dihadiri 6 (enam) bakal calon perseorangan melalui petugas penghubung/LO, yaitu Ahmad Kanedi, Ust. Junaidi Hamzah, Siskawati, Emilia Puspita, Ahmad Hijazi dan David Suardi serta disaksikan oleh Anggota Bawaslu Provinsi Dodi Herwansyah.

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra yang didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni. Dalam arahannya Irwan menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyrakat yang ingin mencalonkan diri sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020 untuk jalur perseorangan.

DSC_0010 DSC_0014 DSC_0018 DSC_0021 DSC_0029 DSC_0034 DSC_0036 DSC_0037 DSC_0045

“Pencalonan Perseorangan akan menggunakan aplikasi sistem Informasi Pencalonan (SILON), setiap bakal calon akan diberikan username dan password setelah menyerahkan surat mandat melalui LO kepada KPU Provinsi Bengkulu” ujar Irwan.

Irwan menambahkan bahwa ada 2 manfaat yang dapat diberikan oleh aplikasi SILON, yaitu tranparansi dan akurasi data. Setiap masyarakat dapat mengakses dan memantau sejauh mana proses pencalonan berjalan.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni memaparkan dan menjelaskan secara detail mengenai pencalonan perseorangan.

“Kami jelaskan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 3 dan Pasal 10 PKPU Nomor 3 tahun 2017, jumlah DPT pemilu terakhir Provinsi Bengkulu adalah 1.399.108 jiwa. Maka Jumlah dukungan minimal adalah 10 % dari DPT pemilu terakhir dengan sebaran minimal di lebih 50 % Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Sehingga Jumlah minimal dukungan 139.911 yang tersebar di 6 Kabupaten/Kota” kata Emex.

Emex juga menambahkan penyerahan syarat dukungan bakal calon ke KPU Provinsi Bengkulu pada tanggal 16 s.d. 20 Februari 2020. Untuk penyerahan dukungan pada tanggal 16-19 Februari 2020 dimulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB sedangkan tanggal 20 Februari 2020 dimulai pukul 08.00 s.d. 24.00 WIB.

kemudian untuk dokumen syarat dukungan yang diserahkan menggunakan 3 formulir model, yaitu B.1-KWK Perseorangan (surat pernyataan dukungan oleh setiap pendukung yang ditempel dengan fotokopi e-KTP atau Surat keterangan dari Dinas Dukcapil), B.1.1-KWK Perseorangan (surat pernyataan pasangan calon perseorangan yang memuat tabel daftar nama pendukung yang ditandatangani oleh bakal calon dan dibubuhi materai), dan B.2 KWK-Perseorangan (rekapitulasi jumlah dukungan untuk setiap desa/kelurahan dan kecamatan dan dibubuhi materai. Untuk formulir B.1 KWK Perseorangan diinput secara manual sedangkan B.1.1 KWK Perseorangan dan B.2 KWK Perseorangan dicetak dari SILON.  Selain itu, untuk perbaikan dukungan hanya dilakukan 1 kali dan jumlah perbaikan dukungan diserahkan paling sedikit 2 kali dari jumlah kekurangan dukungan.

Penutup, Irwan menyampaikan agar bakal calon atau petugas penghubung untuk menjalin komunikasi langsung dengan Helpdesk pencalonan di KPU Provinsi Bengkulu untuk menanyakan berbagai hal.