Belajar Dari Pemilu Tahun 2019, KPU Provinsi Jawa Barat Kunjungi KPU Provinsi Bengkulu

Kesuksesan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi BengkuluĀ  pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 terbukti dengan diraihnya 2 (dua) penghargaan dengan kategori berbeda, yaitu Juara 1 Penyajian Alat Bukti dan Juara 3 Penyelenggara Pemilu berintegritas. Prestasi yang ditorehkan ini, menjadikan KPU Provinsi Bengkulu sebagai referensi bagi KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di Indonesia untuk menambah ilmu dan wawasan.

DSC_0104 DSC_0109 DSC_0111 DSC_0114 DSC_0117 DSC_0119 DSC_0126 DSC_0127 DSC_0128 DSC_0132 DSC_0136 DSC_0149 DSC_0151 DSC_0156 DSC_0163 DSC_0167 DSC_0174 DSC_0178

Pada Jum’at (6/12), KPU Provinsi Bengkulu menerima kunjungan KPU Provinsi Jawa Barat. Kedatangan rombongan KPU Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Anggota Endun Abdul Haq bersama jajaran sekretariat sebanyak 4 orang ini disambut hangat oleh Anggota KPU Provinsi Eko Sugianto dan EMex Verzoni, Sekretaris Siswanto, Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Oktan Huzaeiry, Kabag Keuangan Umum dan Logistik Sudirman, Kasubbag Umum dan Logistik Rudi Yulianto, Kasubbag Hukum Aderianko, Kasubbag Teknis dan Hupmas Angky Gakaty, dan Kasubbag Keuangan M. Benny Eka Puta dan staf sekretariat KPU Provinsi Bengkulu.

Dalam Sambutannya Sekretaris Siswanto menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan rombongan dari KPU Provinsi Jawa Barat. Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Jawa Barat Endun Abdul Haq menyampaikan ucapan terima kasih yang luar biasa kepada KPU Provinsi Bengkulu yang telah menyambut kedatangan dengan baik.

“Saya sangat kaget dengan sambutan yang luar biasa ini. Namun tentu kedatangan kami bukan sekedar menjalin silaturahmi, tetapi juga berkaca pada Pemilu Tahun 2019 yang lalu KPU Provinsi Bengkulu merupakan satu-satu Provinsi di pulau Sumatera yang memperoleh 2 penghargaan sekaligus. ini tentu, menjadi referensi dan sarana kami untuk belajar agar dapat meningkatkan kinerja dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah tahun 2020″ jelas Endun.

Ebdun juga menambahkan, selain belajar kepada KPU Provinsi Bengkulu juga memberikan support dan semangat agar pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 8 Kabupaten dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

Selanjutnya Anggota KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto menjelaskan dan memaparkan mengenai kronologis langkah apa saja yang dilakukan oleh KPU Provinsi Bengkulu memperoleh 2 penghargaan tersebut.

“Penghargaan yang kami peroleh tidak mudah, salah satunya dalam penyajian alat bukti sengketa. Kami selalu berkoordinasi dan membuat kronologi setiap tahapan sengketa baik di tingkat Bawaslu hingga Mahkamah Konstitusi” jelas Eko.

Selain itu, Eko juga menambahkan kronologis disusun sedemikian rupa dengan melampirkan foto dokumentasi setiap tahapan. Eko berharap kehadiran KPU Provinsi Jawa Barat ini dapat menambah wawasan kita selaku penyelenggara pemilu dan pemilihan.

Acara dilanjutkan pemberian cenderamata dan foto bersama.