Evaluasi Tahapan Tungsurakap Perlu dilakukan Guna Menyongsong Pilkada Serentak 2020

Pasca penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD di sejumlah daerah beberapa waktu lalu termasuk Provinsi Bengkulu. Pada Rabu (21/8) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu melaksanakan rapat evaluasi  pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan umum tahun 2019 di Hotel Latansa Bengkulu.

Rapat ini mengundang Ketua, Anggota Divisi Teknis dan Koordinator Situng KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu. Saat membuka acara, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni menyampaikan dalam rangka melaksanaka Surat Komisi Pemilihan Umum Nomor 1111/PR.06-Und/06/KPU/VIII/2019  maka kewajiban KPU Provinsi adalah melakukan evaluasi pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan umum tahun 2019.

DSC_0014 DSC_0018 DSC_0019 DSC_0021 DSC_0039 DSC_0042 DSC_0048 DSC_0054 DSC_0055 DSC_0056 DSC_0057 DSC_0067 DSC_0073 DSC_0074

“Berpedoman pada surat KPU tersebut kami melihat bahwa dari seluruh tahapan teknis penyelenggaraan pemilu tahun 2019, bahwa Evaluasi evaluasi pemungutan, penghitungan serta rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan umum tahun 2019 menjadi skala prioritas KPU guna memastikan kendala ataupun masalah yang muncul dapat menjadi bahan perbaikan ke depan dalam menyongsong pilkada tahun 2020. Patokan dalam evaluasi ini meliputi 4 (empat) instrumen, yaitu Regulasi, Anggaran, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknis Penyelenggaraan” jelas Irwan.

Sementara itu, dalam arahannya Anggota KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni menekankan bahwa evaluasi ini bukan hanya sekedar menjadi kewajiban KPU semata namun menjadi laporan Daftar Inventarisir Masalah (DIM) KPU Provinsi Bengkulu untuk disampaikan pada Evaluasi Nasional mendatang.

 

“Kami berharap agar penyampaian DIM yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu harus sesuai dengan petunjuk surat KPU dengan memperhatikan 4 (empat) instrumen yang ada dan benar-benar  dirasakan/dialami pada pemilu serentak tahun 2019″ ungkap Emex.

Dalam evaluasi setiap KPU Kabupaten/Kota diberikan  waktu untuk mempresentasikan DIM yang telah dibuat kepada seluruh peserta yang hadir dalam rapat. Terakhir Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengungkapkan DIM yang telah dipresentasikan ini akan disusun oleh KPU Provinsi Bengkulu untuk dijadikan bahan DIM untuk evaluasi di tingkat nasional nanti dan berharap agar evaluasi ini bisa menjadi acuan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten /Kota untuk lebih baik lagi dalam menghadapi pilkada serentak tahun 2020.