Pengusulan Pelantikan Calon Terpilih Anggota DPRD Harus Sesuai Regulasi

Dalam rangka memastikan proses pengusulan calon terpilih kepada pemerintah daerah  berjalan sesuai dengan regulasi peraturan yang ada, pada Rabu (31/7) di Ruang Audio Visual Rumah Pintar Pemilu, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu mengundang Biro Pemerintahan, Biro Hukum, Sekretariat DPRD, dan Bawaslu Provinsi Bengkulu dalam kegiatan rapat dalam kantor persiapan pengusulan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Bengkulu Tahun 2019.

Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Anggota Siti Baroroh dan Emex Verzoni. Dalam arahannya Irwan menjelaskan ingin memastikan proses pengusulan calon terpilih anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota berjalan sesuai dengan regulasi peraturan yang ada. Selain itu , KPU Provinsi Bengkulu ingin mengetahui perkembangan pengusulan yang disampaikan oleh 9 (sembilan) KPU Kabupaten/Kota minus Provinsi dan Kabupaten Bengkulu Selatan karena masih menunggu putusan sengketa di Mahkamah Konstitusi.

DSC_0766 DSC_0767 DSC_0771 DSC_0773 DSC_0777

“KPU Provinsi Bengkulu ingin memastikan proses pengusulan calon terpilih yang dilakukan oleh pemerintah daerah berjalan dengan baik, jika pun ada kendala segera untuk disampaikan dan segera kita tindaklanjuti, mengingatkan akhir masa jabatan anggota DPRD yang hanya menghitung hari” ungkap Irwan.

Sementara itu, Biro Pemerintahan Provinsi Bengkulu Afoni Wijaya mengungkapkan sejauh ini proses pengusulan telah diverifikasi dan disampaikan kepada Gubernur Bengkulu untuk 5 (lima) Kabupaten/Kota yaitu Kepahiang, Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong dan Lebong, sedangkan untuk 4 (empat) kabupaten lain, yaitu Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Kaur dan Seluma masih ada kekurangan kesalahan administrasi untuk segera diperbaiki dan dilengkapi oleh KPU Kabupaten/Kota.

“Proses pengusulan tidak ada masalah semuanya berjalan sesuai dengan regulasi dari Kemendagri dan kami berharap proses pengusulan ini cepat dan tidak ada kendala” imbuh Afoni.

DSC_0779 DSC_0790 DSC_0796 DSC_0803

Kemudian Sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu Saiful memberikan gambaran bahwa proses persiapan pelantikan sudah clear pada tanggal 2 September 2019, namun hanya menunggu SK dari pemerintah daerah dan dilanjutkan Biro Hukum Pemerintahan Provinsi Bengkulu Emrin  menjelaskan bahwa prinsipnya mendukung dan melakukan koreksi terhadap SK yang telah diterima oleh pemda provinsi.

Anggota KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni mengharapakan agar proses pengusulan calon terpilih anggota DPRD Provinsi Bengkulu dapat berjalan lancar dan seluruh stakholder terkait dalam bekerjasama dan saling mendukung satu sama lain.

“Kami meminta kerjasamanya dalam proses pengusulan calon terpilih, karena ini merupakan tanggung jawab kami” harap Emex.