Rakor Persiapan Sengketa PHPU Pileg 2019 di Provinsi Bengkulu

Pada Selasa (25/6) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar rapat koordinasi persiapan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di Lantasa Hotel Bengkulu. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Darlinsyah dan Emex Verzoni mengundang Anggota Divisi Hukum dan Kasubbag Hukum KPU Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu.

DSC_0389 DSC_0391 DSC_0393 DSC_0394

Dalam sambutannya Irwan menyampaikan menjelang sengketa PHPU pemilihan legislatif yang tahapannya diumumkan dalam buku register perselisihan konstitusi (BRPK) tanggal 1 Juli 2019, maka perlu dilakukan persiapan dan langkah untuk menghadapi sengketa tersebut.

“Langkah yang dilakukan merupakan bentuk akuntabilitas dan membangun trust public kepada KPU selaku penyelenggara bahwa setiap tahapan yang dilakukan telah benar dan sesuai dengan aturan”jelas Irwan.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Bengkulu Eko Sugianto mengungkapkan berdasarkan hasil pemantauan ada 4 (empat) partai yang melakukan gugatan ke Mahkamah Konstituasi yaitu Berkarya, PPP, Golkar dan PKB.

DSC_0396DSC_0398DSC_0399

“Untuk pemilihan Calon Anggota DPR dari Partai Berkarya lokusnya seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Bengkulu,  pemilihan calon Anggota DPRD Provinsi adalah Partai PPP dengan lokus di Kabupaten Mukomuko, dan Partai Golkar dengan lokus di Bengkulu Utara dan pemilihan calon Anggota DPRD Kabupaten/Kota adalah Partai PKB dengan lokus kabupaten Bengkulu Selatan”jelas Eko.

Ditambahkan Eko untuk menghadapi gugatan ini KPU wajib melakukan persiapan dan strategi guna menjawab proses yang telah dilakukan dapat dipertanggungjawabankan dan sesuai dengan aturan.