KPK Bimtek Tata Cara Pelaporan LHKPN Secara Elektronik Kepada Peserta Pemilu 2019 Tingkat Provinsi Bengkulu

Pada Kamis (21/3) Komisi Pemberantasan Korupsi Deputi Bidang Pencegahan menggelar Bimbingan Teknis Tata Cara Pelaporan  Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) kepada Peserta Pemilu Tahun 2019 tingkat Provinsi Bengkulu di Ruang Audio Visual RPP KPU Provinsi Bengkulu. Peserta kegiatan terdiri dari 32 orang Liasion Officer (LO) dan Operator Parpol dan 3 (tiga) orang LO Calon Perseorangan DPD. Tim KPK sebagai narasumber terdiri dari 3 (tiga) orang yaitu Ben Hardy Saragih (Spesialis pendaftaran dan pemeriksaan LHKPN),  Doni Kristianto S dan Rita Danie Ria (staf).

DSC_0058 DSC_0061 DSC_0062 DSC_0070

Acara dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra dan didampingi Sekretaris Siswanto. Dalam sambutannya Irwan menyambut baik dan mengucapkan terima kasih banyak kepada KPK yang telah meluangkan waktu untuk memberikan bimtek terkait pelaporan LHKPN secara elektronik.

“Kami (KPU Provinsi-red) sangat mengapresiasi kegiatan bimtek ini sebab selain menjadi kewajiban peserta pemilu melaporkan LHKPN juga dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi peserta. Kami berharap peserta dapat serius mengikuti kegiatan ini sampai selesai”ujar Irwan.

DSC_0073 DSC_0075 DSC_0083 DSC_0089 DSC_0095

Sementara itu, pada penyampaian materi Ben Hardy menjelaskan mekanisme dan dasar pelaporan LHKPN menurut Undang-Undang, Peraturan KPU dan Surat Edaran KPK terkait kewajiban menyampaikan LHKPN bagi peserta pemilu tahun 2019, selanjutnya tata cara pelaporan secara e-Registration dan e-Filing.

“Pelaporan LHKPN oleh peserta pemilu tahun¬† 2019 dimaksudkan untuk melakukan pencegahan terhadap indikasi tindak pidana korupsi. pelaporannya pun sudah dapat dilakukan secara online maupun offline menggunakan aplikasi e-Registration dan e-Filing”kata Ben

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata oleh Sekretaris KPU Provinsi Bengkulu Siswanto dan didampingi Kabag Hukum Teknis dan Hupmas Oktan Huzaeiry kepada KPK diterima oleh Ben Hardy S.