Rakor Penyampaian, Keputusan KPU Nomor 961

DSC_0014 DSC_0016 DSC_0018

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi terkait perbaikan pengajuan Calon Anggota DPRD Provinsi bersama LO Parpol pada Rabu (25/7) bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu KPU Provinsi.

Acara dibuka secara langsung Oleh Anggota KPU Provinsi Bengkulu Emex Verzoni didampingi Eko Sugianto, Siti Baroroh, dan Darlinsyah. Dalam sambutannya, Emex menyampaikan bahwa sengaja mengundang 16 LO parpol dalam rangka perkembangan regulasi terkait pencalonan pada masa perbaikan yang berlangsung dari tanggal 22-31 Juli 2018.

“KPU RI telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 961/PL.01.4-Kpt/06/KPU/VII/2018 Tentang Petunjuk Teknis Perbaikan, Penyusunan dan Penetapan Daftar Calon Sementara serta Penyusunan dan Penetapan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, untuk itu kita harus menyamakan persepsi dalam mempedomani keputusan diatas, ” ujar Emex.

DSC_0020 DSC_0024 DSC_0034

Lanjut Emex, seluruh point yang berkaitan dengan pencalonan telah diatur di dalam SK Nomor 961 termasuk bagi parpol yang ingin mengganti calon maka harus memenuhi unsur-unsur yang tertuang dalam keputusan diatas apalagi masa perbaikan hanya 1 kali, maka harus benar-benar serius menyingkapi regulasi ini.

Sementara itu, Eko Sugianto menambahkan di dalam SK Nomor 961 ini ada 3 (tiga) perlakuan yaitu pertama terjadi penggantian calon di masa perbaikan, Kedua penggantian setelah DCS, dan ketiga perubahan terhadap bakal calon setelah DCT

“terkait dengan bakal calon yang berstatus KSB (Kejahatan Seksual terhadap anak, Korupsi dan Bandar Narkoba yang tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 20 tahun 2018 harus diteliti dengan benar, jangan sampai ada yang dirugikan”Tutup Eko.