Pencalonan, KPU Provinsi Libatkan 4 Instansi

dsadas

Dalam rangka mempedomani Pasal 18 ayat (8) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota. Komisi Pemilihan Umum Provinsi melakukan koordinasi dan konsultasi dengan melibatkan 4 (empat) Instansi terkait dokumen syarat calon yang masih ada keraguan. 4 (empat) instansi tersebut adalah Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu (Burhanuddin dan Sugiharto), Kejaksaan Negeri (Mahmuddin dan Ira), Pengadilan Negeri (Juli Astra) dan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu (Sesti Royani). Hal itu disampaikan Ketua KPU Irwan Saputra didampingi Anggota, Sekretaris, Kabag dan Kasubbag pada Selasa (3/7) dalam rapat koordinasi Pencalonan bertempat diruang RPP KPU.

“Langkah ini dijelaskan Ketua KPU, Irwan Saputra guna memeriksa dan meminimalisir terjadinya kesalahan dalam tahap pencalonan sehingga 4 instansi diatas ikut ke dalam Kelompok Kerja (Pokja) pencalonan baik Calon Anggota DPD RI maupun  DPRD Provinsi” Ujar Irwan.

Ditambah Irwan Peran penting yang dilakukan dalam tahap pencalonan diantaranya mengecek keabsahan dokumen dan rekam jejak calon anggota DPD maupun DPRD Provinsi yang dikeluarkan oleh instansi terkait. Polda berkaitan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Pengadilan dan Kejaksaan Negeri berkaitan dengan status Calon apakah tidak pernah dipidana/pernah terpidana/mantan terpidana, dan Dinas Diknas Provinsi Bengkulu berkaitan dengan Ijazah.

Selain itu, Anggota Emex Verzoni menyampaikan tahapan pencalonan akan dimulai pada tanggal 4-17 Juli 2018 untuk calon Anggota DPRD Provinsi sedangkan untuk calon Anggota DPD RI pada tanggal 9-11 Juli 2018.

“Kami menyambut baik langkah bapak/ibu (Instansi-Red) yang mau bekerjasama dalam menghadapi tahap pencalonan ini. Kami akan melakukan selalu berkoordinasi baik secara langsung maupun tidak langsung terkait adanya keraguan dalam pemeriksaan dokumen, semoga tahapan ini berjalan dengan lancar dan sukses”tutup Emex.