KPU Provinsi Gelar Bimtek Vertual Dukungan DPD

khjkhjhj

Dalam rangka memastikan lancarnya pelaksanaan tahapan verifikasi faktual terhadap sampel 14 (empat belas) bakal calon Dewan Perwakilan Daerah Dapil Provinsi Bengkulu. Komisi Pemilihan Umum Provinsi melaksanakan bimbingan teknis/penyuluhan terkait pelaksanaan verifikasi syarat dukungan balon DPD pada Selasa (29/5) bertempat di Ruang Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Provinsi Bengkulu.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra dan didampingi anggota Eko Sugianto, Siti Baroroh, Emex Verzoni dan Darlinsyah. Peserta kegiatan ini berjumlah 10 orang dari Divisi Hukum KPU kabupaten/kota Se-Provinsi Bengkulu.

Dalam sambutannya Irwan menyampaikan agar KPU Kabupaten/Kota untuk melakukan verifikasi faktual secara baik dan perlu adanya pematangan dan persamaan persepsi agar pelaksanaannya dapat

berjalan dengan baik. Tahapan verifikas faktual akan dimulai pada tanggal 30 Mei hingga 19 Juni 2018.

“Verifikasi faktual merupakan tahapan terakhir untuk calon anggota DPD RI, jika belum memenuhi syarat maka dilakukan perbaikan”ujar Irwan.

Irwan menambahkan agar KPU kabupaten selaku pelaksana Vertual di lapangan untuk dapat memetakan waktu pelaksanaan dan harus ada komunikasi bersama LO balon agar proses tersebut berjalan dengan baik.

Sementara itu, Anggota KPU Eko Sugianto berpedoman pada Peraturan KPU Nomor 14 tahun 2018 ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh KPU Kabupaten/kota yaitu melibatkan petugas Verifikator dari PPS, membentuk Kelompok Kerja, dan meminta balon untuk menyampaikan LO/Penghubung agar mempermudah dalam klarifikasi pendukung, dan terakhir bisa menggunakan sarana teknologi seperti Video call jika memungkinkan.

“pada saat proses Virtual berjalan di tingkat kabupaten/kota, KPU Provinsi akan melakukan supervisi dan monitoring terhadap pelaksanaannya di lapangan”tambah Eko.

Sementara itu, Anggota KPU Emex Verzoni menegaskan agar KPU Kabupaten/Kota harus lengkap administrasi dan dokumentasi jika suatu saat Bakal calon/LO komplain kita suda siap menghadapinya.

Diakhir acara, Irwan dan Darlinsyah menambahkan agar pokja yang bekerja dilapangan untuk selalu melibatkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).