RDK Finalisasi Dapil dan Alokasi Kursi

gjgjg

Setelah melewati beberapa proses tahapan mengenai Daerah Pemilihan dan  Alokasi Kursi akhirnya Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia menerbitkan Surat Keputusan Nomor 270/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Bengkulu pada tanggal   April 2018.

Dalam rangka melaksanakan keputusan tersebut diatas KPU Provinsi Bengkulu menggelar Sosialisasi Keputusan KPU tentang Penetapan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilu tahun 2019 di Provinsi Bengkulu pada Sabtu (5/5) di Ruang RPP KPU Provinsi Bengkulu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Parpol tingkat Provinsi Bengkulu dan Bawaslu Provinsi Bengkulu. Acara dibuka secara resmi oleh Ketua KPU, Irwan Saputra didampingi Anggota Siti Baroroh, Zainan Sagiman, Eko Sugianto, Aries Munandar dan Sekretaris Siswanto.

Dalam sambutannya Irwan menyampaikan bahwa tahapan penyusunan dapil dan alokasi ini sudah berjalan sejak Desember 2017 lalu, dan pada tanggal 05 April 2018 KPU telah menetapkan dan mempublikasikan dapil dan alokasi kursi di Provinsi Bengkulu.

“ini merupakan Final setelah KPU RI menetapkan Dapil dan Alokasi Kursi di Provinsi Bengkulu dengan Keputusan Nomor 270/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018, ini final”

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Eko Sugianto mengatakan bahwa keluarnya SK KPU Nomor 270 ini telah melewati beberapa proses tahapan yang panjang.

“Hari ini kita akan sampaikan Keputusan KPU berkaitan dengan Dapil dan Alokasi Kursi Provinsi Bengkulu pada pemilu tahun 2019” ujar Eko.

Eko menjabarkan bahwa alokasi untuk DPRD Provinsi Bengkulu sebanyak 7 dapil dengan alokasi 45 kursi sedangkan untuk DPRD Kabupaten/Kota dengan rincian Kabupaten Kepahiang 4 dapil dan 25 Kursi, Mukomuko 3 dapil dan 25 kursi, Bengkulu Tengah 4 dapil dan 25 kursi, Bengkulu Selatan 3 dapil dan 25 kursi, Kaur   dapil dan 25 kursi, Lebong 4 dapil dan 25 kursi,  Rejang Lebong 4 dapil dan 30 Kursi, Kota Bengkulu 4 dapil dan 35 kursi, Bengkulu Utara 4 dapil dan 30 kursi, serta Seluma 4 dapil dan 25 kursi.