IAIN Kunjungi Rumah Pintar Pemilu

DSC_0166

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pemilihan umum tahun 2019 yang akan datang, sebanyak 12 orang mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Bengkulu berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu pada Kamis (18/1) .

Rombongan mahasiswa ini didampingi oleh dosen pembimbing, M. Yani kedatangan mereka disambut langsung oleh komisioner KPU, Eko Sugianto. “Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mau berkunjung ke KPU Provinsi Bengkulu dengan harapan dapat belajar dan menambah ilmu”ujar Eko.

Eko menambahkan rekan mahasiswa dapat bertanya langsung dan apapun itu jika kurang paham kepada staf sekretariat berkaitan dengan KPU.

“Rekan-rekan jangan sungkan atau malu bertanya jika ada yang tidak dimengerti, karena disini banyak yang menjadi objek sebagai sarana pembelajaran seperti rumah Pintar, alat peraga yang digunakan dalam pemilu dan saya harapankan nanti coba lakukan simulasi  Pemungutan Suara”sambungnya

Selanjutnya rekan mahasiswa diajak oleh karyawan sekretariat KPU untuk melihat rumah pintar. Tampak mahasiswa senang, ada yang bertanya antara satu sama lain.

Setelah melihat rumah pintar, rekan mahasiswa diajak ke ruang rapat sekretariat untuk menyaksikan film dokumentasi tentang penyelenggaraan pemilihan umum pertama kali pada tahun 1955 hingga 2014. Setelah menyaksikan film, dilanjutkan dengan simulasi pencoblosan di TPS.

Dalam reka adegan pencoblosan di TPS, mahasiswa awalnya kebingungan namun diberi arahan oleh staf KPU mahasiswa mulai mengerti, mulai dari masuk hingga selesai pencoblosan.

“rekan mahasiswa harus tahu tugas dan fungsi orang-orang yang berada di TPS, seperti KPPS, pemantau, PPL, hingga linmas”ujar Angky, staf KPU Provinsi. kemudian ditutupkan dengan pemberian souvenir dan foto bersama.*VR*